Lytro Illum Light Field Kamera Digital Generasi Baru

Mungkin masih banyak penggemar fotografi yang kurang familiar dengan nama Lytro, apalagi jika mendengar teknologi Light Field yang diusungnya. Teknologi pengambilan gambar yang berbeda sama sekali dengan teknologi yang dibawa oleh hampir semua kamera yang ada di pasaran saat ini. Dengan teknologi Light Field, pengguna dapat mengatur fokus setelah pengambilan gambar, dengan kata lain gambar yang telah diambil dengan kamera yang menggunakan teknologi ini dapat diubah-ubah fokus dan perspektifnya sesuka hati sebelum nantinya di ekspor menjadi gambar JPEG. Teknologi Light Field menggunakan satuan resolusi yang disebut Megarays bukan Megapixels, dimana resolusi Light Field = Megarays (jumlah kalkulasi cahaya yang ditangkap oleh sensor light field). Sensor light field berfungsi tidak hanya untuk menangkap gambar yang melalui lensa tetapi juga menangkap seluruh informasi cahaya dari setiap sudut lalu menyimpannya sebagai informasi pada gambar yang memungkinkan software khusus membuat kalkulasinya sesuai dengan pilihan fokus yang diberikan pada gambar tersebut nantinya.

Sensor Light Field Lytro Illum

Gambar Proses Penangkapan Info Gambar Oleh Sensor Light Field

Setelah meluncurkan kamera Lytro yang berbentuk persegi panjang tahun lalu, kini Lytro kembali merilis  Illum Light Field Digital Camera yang lebih mendekati bentuk kamera mirrorless sesungguhnya. Dengan desain yang kamera futuristik dengan lensa paten yang melekat pada bodinya yang memiliki panjang fokal 30-250 mm, aperture hingga f/2, 8x optical zoom dan sensor light field sebesar 40 Megarays dan dilengkapi dengan shutter berkecepatan tinggi untuk menangkap subjek yang bergerak dengan focus mulai dari 0 mm hingga tak terbatas. Berbeda dengan kamera Lytro sebelumnya, Illum Light Field telah dilengkapi dengan built-in Light Field Engine 2.0 yang merupakan software inovatif yang memungkinkan pengguna untuk mengolah dan mengkustomisasi gambar langsung dari layar sentuh kamera tersebut. Sensor pada Illum menangkap resolusi, kontras dan akurasi gambar dimana setiap detil warna yang masuk dicatat, demikian pula dengan intensitas dan arah cahaya diproses oleh prosessor gambar Snapdragon 801 bersama dengan perangkat lunak milik Lytro akan menciptakan informasi “gambar hidup” yang memungkinkan titik fokus, depth of field dan perspektif gambar dapat disesuaikan kapan saja setelah setelah gambar diambil.

Lytro Illum

Gambar Lytro Illum Light Field

Gambar tersebut nantinya dapat diolah lebih lanjut baik melalui software internal yang telah disematkan pada kamera Illum, atau menggunakan pengolah gambar khusus untuk komputer dan perangkat mobile iOS. Gambar yang telah disesuaikan fokusnya dapat dikirim ke software Lightroom, Photoshop, Apple Aperture maupun software pengolah gambar lainnya untuk diolah lebih lanjut.

Dengan Lytro Mobile App dan WiFi built in, gambar dapat dikirim ke web gallery Lytro. Lytro Mobile juga memungkinkan untuk membagi gambar ke Twitter atau Facebook melalui perangkat pintar iOS, atau menggabungkan beberapa gambar dengan format gambar bergerak GIF untuk kemudian dibagikan ke teman dan keluarga.

Lytro Illum

Gambar Lytro Illum Light Field

Selain desain minimalis dan tombol kontrol fisik yang sedikit, Lytro Illum dilengkapi dengan Illum Features Program, ISO Priority, Shutter Priority dan kontrol manual eksposur, bidang fokus shutter yang memiliki kecepatan rana maksimum 1/4000 detik untuk pengambilan gambar pada subyek yang bergerak. Mendukung mode pemotretan tunggal dan juga continuous shooting yang dilengkapi dengan timer. Selain itu kompatibel dengan kabel shutter release dan menyediakan soket tripod 1/4″-20, hot shoe manual dengan Lytro-TTL yang dapat dipasang dan disesuaikan pada bagian atas bodi kamera.

Lytro Illum

Gambar Lytro Illum Light Field

Bodi Illum yang terbuat dari paduan aluminium dan magnesium dengan beberapa tambahan karet silikon memiliki sebuah port micro USB 3.0 dan slot SD card yang berada pada kompartemen sisi kamera, dan juga dukungan baterai lithium-ion yang dapat dilepas.

Fitur Utama Lytro Illum

  • Sensor Custom-designed 40-megaray light field sensor
  • Lensa 8x optical zoom lens (30mm-250mm equivalent), aperture f/2.0
  • Shutter 1/4000
  • Layar Layar sentuh Tilt LCD 4 inci
  • Fitur Extreme close-focus macro capability
  • Dimensi 86 x 145 x 166 milimeter
  • Bobot 940 gram
  • Hot shoe mendukung semua lampu kilat merek ternama
Disclaimer : Kami tidak menjual kamera Lytro Illum Light Field Digital Generasi Baru serta tidak dapat menjamin harga dan spesifikasi Lytro Illum Light Field Digital Generasi Baru akurat 100% di toko online / offline, jika terdapat kelebihan dan kekurangan Lytro Illum Light Field Digital Generasi Baru daftar tabel silahkan hubungi kami melalui form kontak
Lytro Illum Light Field Kamera Digital Generasi Baru | petta | 4.5

Daftar Kamera News Lainnya