Sony QX1 Smart Lens Untuk Smartphone

Ketika Sony memperkenalkan konsep lensa cerdas tahun lalu dengan meluncurkan Sony SonyQX10 dan QX100 yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pengambilan gambar dengan menggunakan sebuah kamera tambahan melalui bantuan smartphone, saat itu cukup banyak orang yang memuji konsep cerdas tersebut. Walaupun pada prakteknya beberapa kekurangan yang masih mengikuti kedua produk tersebut terutama untuk penggunaan harian.

Kini dengan Sony membawa Sony QX1 untuk menyempurnakan segala kekurangan dan masalah yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna yang dimiliki oleh kedua saudaranya yang tersebut. Dengan desain yang semakin halus dan lensa yang dapat dipertukarkan yang dapat meningkatkan fleksibilitas yang lebih banyak. Seperti pendahulunya, Sony QX1 sebenarnya memabawa segala kehebatan sebuah kamera digital seperti lensa, sensor, prosessor dan baterai di dalam bodinya yang kompak. Jika pada Sony QX10 membawa spesifikasi yang serupa dengan kamera kompak basic dan QX100 yang mengusung spesifikasi yang lebih tinggi yang mirip dengan spesifikasi yang dibenamkan pada kamera premium Sony RX100, maka kali ini Sony QX1 diisi dengan jeroan yang sama dengan dibawa oleh Sony Alpha A5000 dan Alpha A6000.

Sony QX1

Gambar Sony QX1

Sony QX1 mengakomodasi mekanisme  lensa Sony E Mount untuk memudahkan memasang lensa yang dapat dipertukarkan dimana fitur ini belum ada pada kedua pendahulunya. Namun dengan power zoom lensa 16-50 mm yang dibawanya, QX1 ini masih terasa cukup kompak. Selain itu, tambahan cukup banyak dapat ditemukan pada bodinya yang kompak seperti tombol power, shutter fisik dan tombol pop up built in flash serta slot katru SD, LCD, WiFi kecil dan juga tambahan berupa pemegang smartphone yang dapat dilipat dan berada di bagian belakang.

Seperti pada kedua saudaranya, smartphone yang kompatibel dengan WiFi dan NFC dapat anda pergunakan pada QX1 untuk menampilkan kedua fungsi berupa tampilan untuk mengontrol exposure, zoom, shutter dan pengaturan lainnya, serta juga untuk menampilkan frame yang disorot oleh QX1.Selain memasang kamera pada smartphone dengan pemegang berupa pengait yang telah disediakan, anda juga dapat memegang kamera di tangan yang satu dan smartphone di tangan yang lain untuk memudahkan anda untuk mengambil gambar dari sudut yang menarik. Tersedia pula sekrup pada bagian bawah untuk memasang tripod sehingga pengguna dapat memasang QX1 pada Gorillapod maupun tripod kompak dan menggunakan smartphone untuk mengontrol kamera dari jarak jauh. Untuk memaksimalkan kontrol yang dapat dilakukan pada QX1, Sony menyediakan aplikasi PlayMemories yang dapat diinstal pada smartphone Android dan iPhone. Pada perangkat Android, pengguna dapat langsung menghubungkan kamera dengan NFC, sementara pada iPhone masih harus dihubungkan secara manual, meskipun demikian Sony telah mempercepat proses pairing dari QX1 hanya dalam beberapa detik.

Sony QX1

Gambar Sony QX1

Koneksi WiFi antar QX1 dengan smartphone yang terhubung dengannya sangat responsif dan hanya tersisa sedikit lag yang tidak begitu mengganggu berupa jeda sepersekian detik antara saat menekan tombol shutter pada layar smartphone dan saat kamera mengambil gambar. Live view pada smartphone cukup halus dan hanya memiliki sangat sedikit lag yang dipengaruhi oleh kecepatan internal smartphone yang terhubung ke QX1.

Aplikasi PlayMemories kini telah mendapat pembaruan yang cukup signifikan sejak QX10 dengan penambahan lebih banyak fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol kecepatan rana, aperture, sensitivitas ISO dan white balance. Selain itu Sony juga telah menambahkan fitur untuk pengambilan gambar RAW dan continuous burst pada QX1.

Sony QX1

Gambar Sony QX1

Photo yang anda ambil akan tersimpan ke microSD yang berada pada QX1 dan juga tersedia opsi untuk mengirim dengan mudah setiap shoot gambar ke smartphone anda. Pengubahan skala kualitas gambar untuk memudahkan upload dan membagi gambar ke gadget lain yang kompatibel.

Sony QX1 menggunakan baterai isi ulang yang cukup baik dan mampu membantu untuk pengambilan gambar hingga 440 kali shots, mungkin satu-satunya kekurangannya adalah penggunaan smartphone sebagai jendela bidik yang tentu saja akan menguras baterai smartphone anda pada penggunaan sepanjang hari. Walaupun QX1 masih dapat anda pergunakan untuk mengambil gambar namun anda tidak akan dapat melihat bingkai gambar yang akan diambil tanpa bantuan smartphone.

Sony QX1

Gambar Sony QX1

Sony QX1 menggunakan sensor APS-C Sony 20.1 megapiksel seperti yang terdapat pada Sony Alpha A6000, yang mampu mengatasi cahaya yang rendah meskipun tanpa bantuan lampu flash. Jika dibandingkan dengan kamera internal smartphone terbaik yang ada di pasaran saat ini, kualitas gambar yang diambil dengan QX1 masih jauh lebih baik disebabkan oleh pengambilan gambar 20 megapiksel yang dilakukan oleh kamera QX1 langsung dilakukan piksel ke piksel dibanding hasil pada kamera smartphone yang telah mengalami proses sharpening yang lebih banyak sehingga tampil lebih tajam pada layar smartphone namun jika mengalami pembesaran secara signifikan akan tampak cukup banyak noise dan detil yang hilang, demikian juga jika dibandingkan dengan kamera kompak yang menggunakan sensor mikro-four thirds yang lebih kecil, secara teori, QX1 mampu mengambil detil gambar yang lebih rinci.

Sony juga telah mengintegrasikan fitur flash pop-up pada QX1 yang akan ditampilkan jika kamera mendeteksi cahaya yang terlalu rendah pada saat pengambilan gambar.  Meskipun QX1 mampu mengambil lebih banyak detil gambar pada pengambilan gambar di ruangan yang gelap namun dengan menggunakan flash yang terintegrasi, anda akan menemukan lebih banyak perbaikan dan detil pada gambar yang anda hasilkan.

Spesifikasi Sony QX1

  • Sensor resolution 20.1
  • Sensor size APS-C (23.2×15.4mm)
  • Focal length multiplier 1.52x
  • Viewfinder N/A
  • LCD screen No
  • Optical zoom (35mm-equivalent focal lengths)
  • 3.1x (24-76mm)
  • 35mm-equivalent aperture f/5.32-8.51
  • Lens mount Sony E Mount
  • Weight 216g
  • Size (HxWxD) 74×69.5×52.5mm
Disclaimer : Kami tidak menjual kamera Sony QX1 Smart Lens Untuk Smartphone serta tidak dapat menjamin harga dan spesifikasi Sony QX1 Smart Lens Untuk Smartphone akurat 100% di toko online / offline, jika terdapat kelebihan dan kekurangan Sony QX1 Smart Lens Untuk Smartphone daftar tabel silahkan hubungi kami melalui form kontak
Sony QX1 Smart Lens Untuk Smartphone | petta | 4.5

Daftar Kamera News Lainnya